Malalak, KABA12.com — Setelah lebih sepekan didera hantaman longsor, akhirnya Kamis siang jalur Sicincin-Malalak – Balingka dinyatakan sudah bisa dilewati kendaraan. Walau belum sepenuhnya aman namun aparat menyiapkan pengaman khusus di sepanjang ruas jalan yang terban dihantam longsor dengan pengaman khusus.

Camat Malalak Harmezi kepada KABA12.com membenarkan ruas jalan yang sudah hampir dua pekan didera longsor itu sudah bisa dilalui Kamis siang. Walau belum sepenuhnya aman dan nyaman, namun Harmezi mengharapkan para pengguna ruas jalan itu tetap waspada karena kondisi jalan yang licin bekas direndam lumpur dan dibersihkan menggunakan air oleh petugas pemadam kebakaran Agam.


Dijelaskan Harmezi, petugas pembersih dari PU Sumbar dan tim pemadam kebakaran Agam sengaja melakukan penyiraman badan jalan dan tebing yang labil untuk pematangan dan uji kondisi untuk memastikan keadaan lapangan mengantisipasi dampak longsor susulan dan jatuhnya material kecil yang berbahaya.


Harmezi menyebutkan pihaknya bersyukur ruas jalan yang labil dan rawan longsor itu sudah normal dan bisa dilewati masyarakat sehingga aktivitas warga sudah bisa berjalan normal. Diakui Harmezi banyak resiko dan tantangan pasca bencana longsor di Malalak, banyak warga yang bandel tak peduli resiko nyawa mereka terancam sehingga pihaknya harus mengawal ekstra di titik-titik longsor.
” Alhamdulillah, ruas jalan itu sudah kembali normal dan warga sudah bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik,” sebut Harmezi.


Camat Malalak itu juga berharap ada tindak lanjut pengamanan dan langkah tekhnis dari unsur terkait untuk menekan dampak dan mengantisipasi longsor lebih parah karena diakuinya longsor yang terjadi sepekan ini merupakan longsor terparah dengan volume paling besar sejak trend longsor di jalur Sicincin – Malalak – Balingka.

(Harmen)