Bukittinggi, KABA12.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur, mengimbau warga dan nelayan mewaspadai gelombang tinggi hingga 4.0 meter di Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai dan Samudra Hindia Barat Bengkulu.

“Tanggal 8 hingga 10 Januari 2016 berpeluang akan terjadi gelombang tinggi maksimum, dengan tinggi gelombang 2.5 – 4.0 meter di Samudra Hindia barat Kep. Mentawai, Enggano, dan Samudra Hindia Barat Bengkulu.” Ungkap Arbi S. Widayat, Forecast BMKG Maritim Teluk Bayur pada KABA12.com, Sabtu (07/01) malam.

Menurutnya, gelombang tinggi itu terjadi disebabkan karena diwilayah Samudra Hindia bawah selat Sunda terjadi perubahan tekanan rendah yang menyebabkan geolombang meningkat. “Gelombangnya bisa meningkat hingga mencapai 4 meter.” Tegasnya lagi.

Forecast BMKG Maritim Teluk Bayur memperingatkan wisatawan yang hendak berwisata ke pantai yang berada di wilayah yang bergelombang tinggi, untuk berhati-hati agar terhindar dari gelombang tinggi tersebut.

Selain itu, BMKG juga memprediksi potensi angin kencang dan hujan sedang terutama di wilayah Sumbar bagian tengah dan timur masih berpotensi terjadi. Namun dengan kecepatan yg mulai menurun secara perlahan dari hari sebelumnya.

(Jaswit)

Tags: